PERBEDAAN HUB DAN SWITCH JARINGAN

Switch dan hub adalah hard ware jaringan yang sering di gunakan dalam pembuatan jaringan ke dua hardware ini memiliki fungsi yang hampir sama tetapi memiliki perbedaan nya masing masing dan kita akan menguraikan ke dua fungsi dari alat ini agar dapat menemukan perbedaan nya

HUB


Hub merupakan perangkat jaringan yang bekerja di OSI layer 1, Physical Layer. Sehingga dia hanya bekerja tak lebih sebagai penyambung atau concentrator saja, dan hanya menguatkan sinyal di kabel UTP. HUB tdk Mengenal MAC Addressing / Physical Addressing shingga tdk bisa memilah data yg harus ditransmisikan shingga collision tdk bisa dihindari dari penggunaan HUB ini.

Fungsi HUB :


  •     Memfasilitasikan penambahan penghilangan atau penambahan workstation
  •     Menambah jarak network ( fungsi sebagai repeater )
  •     Menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda(Ethernet,Token ring,FDDI)
  •     Menawarkan featur yang fault tolerance ( Isolasi Kerusakan )
  •     Memberikan menegement yang tersentralisasi ( koleksi informasi, diagnostic).

SWITCH







Switch merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 2, Data Link Layer. dia bekerja sebagai penyambung atau concentrator dalam Jaringan. Switch mengenal MAC Adressing shingga bisa memilah paket data mana yang akan di teruskan ke mana.

Fungsi Switch :


Switch ini digunakan sebagai repeater atau penguat. Berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel UTP (Kategori 5/5e ) komputer yang satu dengan komputer yang lain. Dalam switch biasanya terdapat routing, routing sendiri berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN.

PERBEDAAN SWITCH DAN HUB

uraian fungsi dari ke 2 hard ware di atas menunjukan memiliki beberapa perbedaan yaitu jika SWITCH memiliki fungsi sebagai penghubung dan untuk menstransfer data dan bekerja di OSI layer 2 (data link layer) sedangkan HUB memiliki fungsi meghubung kan antar hardware jaringan dan bekerja di OSI layer 1 (physical layer)

0 Response to "PERBEDAAN HUB DAN SWITCH JARINGAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel