Apa Itu Fire Wall


FIREWALL

Mungkin kalian tau yang namanya hacker atau virus komputer .
Kedua hal tersebut adalah salah satu ancaman bagi komputer anda apalagi komputer yang sering terkoneksi internet dan kita tau di dalam internet banyak orang yang iseng, atau berniat buruk dengan memasukan virus atau yang ingin meretas dan mengambil data penting anda maka ,jika anda tidak mau itu terjadi maka pahamilah salah satu sistem perangkat lunak di komputer anda yang bernama Firewall dan jangan lupa memasang atau menyetting nya.
Dan dibawah ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Firewall.

PENGERTIAN FIREWALL

Firewall ( tembok api atau dinding api ) adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengontrol, mengatur, dan mengizinkan suatu akses lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman.
Firewall juga digunakan untuk membatasi atau mengontrol akses terhadap siapa saja yang dapat mengakses jaringan.

KOMPONEN YANG DI LINDUNGI FIREWALL

  • Mesin/Komputer
Firewall akan melindungi setiap komputer yang langsung terhubung ke jaringan internet agar semua yang terdapat pada komputer terlindungi.
  • Jaringan komputer 
Jaringan komputer adalah komputer yang saling terhubung dan biasanya memiliki jenis topologi jaringan tertentu, biasanya jaringan komputer digunakan oleh perusahaan, organisasi, dan sebagainya

KARAKTERISRIK FIREWALL

Firewall memiliki karakteristik melindungi dengan cara membatasi Setiap hubungan atau kegiatan dari dalam ke luar dengan cara memblok atau membatasi semua akses terhadap jaringan lokal,semua akses tidak dapat terhubung kecuali melewati firewall, Hanya kegiatan yang dikenali yang dapat melewati atau dapat terhubungan, hal ini dapat dilakukan dengan mengatur policy pada konfigurasi keamanan lokal.
Banyak sekali jenis firewall yang dapat dipilih sekaligus berbagai jenis policy yang ditawarkan.
Firewall itu sendiri haruslah kebal atau relatif kuat terhadap serangan dari pihak luar seperti serangan dari Hacker.


JENIS-JENIS FIREWALL


Personal Firewall :

 Personal Firewall didesain untuk melindungi sebuah komputer yang terhubung ke jaringan dari akses yang tidak dikehendaki. Firewall jenis ini akhir-akhir ini berevolusi menjadi sebuah kumpulan program yang bertujuan untuk mengamankan komputer secara total, dengan ditambahkannya beberapa fitur pengamanan tambahan semacam perangkat proteksi terhadap virus, anti-spyware, anti-spam, dan lainnya. personal firewall secara umum hanya memiliki 2 fitur utama yaitu packet filter firewalldan stateful Firewall.

Network Firewall :

 Network Firewall didesain untuk melindungi jaringan secara keseluruhan dari berbagai serangan. Umumnya dijumpai 2 bentuk yakni sebuah perangkat terdedikasi atau sebagai sebuah perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sebuah server. Contoh dari firewall ini adalah microsoft, Internet Security and Acceleration Serevr (ISA Server), Cisco PIX, Cisco ASA, dll. Network firewall umumnya bersifat transparan (tdak terlihat) dari pengguna dan menggunakan teknologi routing untuk menentukan paket mana yang diizinkan, dan mana paket yang akan ditolak.

FUNGSI FIREWALL

  • Mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan.
  • Melakukan autentikasi terhadap akses.
  • Melindungi sumber daya dalam jaringan privat seperti data data pribadi.
  • Mencatat semua kejadian dan melaporkan kepada administrator.

FIREWALL TERDAPAT PADA:

  • PC.
  • router.
  • midrange.
  • mainframe.
  • UNIX Workstation.
  • atau gabungan dari tersebut diatas.

KOMPONEN FUNGSIONAL FIREWALL

  • Packet-filtering router.
  • Aplication level gateway (proxy).
  • Circuit level gateway. 

mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan saat ini mohon bantu saya mengembangkan blog ini dengan mengunjungi blog saya dan terus membaca artikel artikel saya Terima kasih


 Baca juga artikel berikut:

1 Response to "Apa Itu Fire Wall"

Anonymous said...

Mantap makasih gan informasi nya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel